Re: [ABI] Belajarlah Pada Norwegia



 

Hihihi.....Aya curhat nih....tapi aq stuju bnget ma Aya. Jangankan hidup di luar negeri, ngebayangin tinggal di luar pulau Jawa yang agak pedalaman pun rasanya dah g betah. Dulu mertua kerja di kebun sawit di daerah rimba Sanggau, Kalbar. Hampir aja saya diboyong kesana, alhamdulillah g jadi:p disana tu ada listrik pagi mpe magrib doang, bis itu diputus. Dah deh, ttp home sweet home lah. Terima aja apa yang ada. Asal qta ikhlas n hepi ngejalaninnya,insyaAlloh semua baik2 aja.

Tita:)


Sent from Yahoo! Mail on Android



From: Aya <celeste1103@yahoo.com>;
To: AyahBunda-Indonesia@yahoogroups.com <AyahBunda-Indonesia@yahoogroups.com>;
Subject: Re: [ABI] Belajarlah Pada Norwegia
Sent: Mon, Apr 23, 2012 11:16:42 AM

 

Hahaha terkena sindrom Utopia mengira kalo di Eropa itu indah, lebih enak, gak ada korupsi bla...bla..bla.. 
Siapa bilang gak ada korupsi? Memang gak korupsi melanggar hukum tapi mereka membuat undang2 yg seringkali malah ''menguntungkan pihak tertentu'' tergantung aliran partai yg sedang berkuasa.
There's no such thing as a free lunch alias kagak ada yg gratis ya, semua itu dibayar oleh pajak rakyat, org miskin juga kudu bayar pajak (meskipun persentasenya beda krn pendapatannya dari tunjangan sosial atau pun gaji yg kecil), lah kalo gak bisa bayar pajak gimana? Ya itu problem anda sendiri, bisa jadi anda bakal terlibat hutang dan itu hal yg biasa bukan sesuatu yg ajaib. Banyak org yg terlibat hutang, apalagi musim krisis ekonomi di Eropa skrg, banyak yg gak bisa bayar hipotek rumah, dan rumahnya kudu dijual, trus knp gak dibantu pemerintah? Ya pemerintah tinggal enak bilang ''kamu kan punya aset rumah, ya jual itu supaya bisa hidup!"

Saya tidak tinggal di Norwegia, tapi kurang lebih keadaannya sama krn masih sama2 negara Uni Eropa dan negara2 Uni Eropa punya standar2 kehidupan yg hampir sama, hanya saja penerapan secara nominalnya berbeda2 krn masing2 negara beda2 cost of livingnya, mis sbg contoh transportasi kereta di swiss lbh mahal drpd di Belanda.
 
Saya rasa bukan saya aja yg ngalamin ini tapi juga temen2 saya yg tinggal di luar Indonesia baik di Eropa maupun di Amrik. Banyak temen2 lama mereka (sama kayak saya juga) yg ngasih komentar ""wah, kamu skrang di LN ya? Enak dong." atau " cariin saya bule dong (maksudnaya: minta dicariin jodoh org bule)". Sangking ''seringnya'' sampe laki saya kadang suka bingung & komen : "Eh, saya kok bingung ya, temen kamu si A itu kan gak jelek, luwes & baik, kayaknya gak ada yg kurang deh secara fisik, kok blm pacaran2 juga sih (maksudnya yg serius gitu)."

Saya sih cuma bilang: "Mana saya tahu, jgn tanya saya deh urusan begitu."

Kadang dia bingung apa udah abis stock cowo Indonesia atau emang mereka2 ini udah ''nyerah" utk cari cowo Indonesia, atau udah gak tertarik lagi sama cowo Indonesia krn sering kali konflik batin alias expectationnya dlm relationship gak terpenuhi, mis: dpt cowo yg nuntut ini itu & gak bisa mandiri alias ingin dilayanin terus. Wallahu alam deh!

Back to komen ''enak tinggal di LN'', salah satu temen saya yg tinggal di Amrik kena juga neh komentar kayak gini, dia rada ''terganggu'' juga sih awalnya krn yg komentar itu temen lama dia semasa kuliah. Dia sempet bilang ke saya "Heran deh Ya, si A ini komennya weird bgt. Pertama sih nanya apa kabar, trus bilang waaah loe hebat ya tinggal di luar negeri (sambil dgn gaya ngomong yg terlalu terdengar kayak dibuat2 & terlalu menyanjung), gw kangeeen bangeet deh sama loe. Kerja apa loe disana?"
Begitu dikasih tahu kerjaannya, yg bukan desk-job, langsung nada bicaranya berubah spt ada rasa kecewa krn 'expectation yg ada di alam pikirannya' tidak terpenuhi.
Loh emang dia kira semua org yg tinggal di luar negeri dpt desk job? Emang dia kira semua org yg di luar negeri makmur? Emang dia kira semua org yg diluar negeri harus seperti yg ada di benaknya ya?

Ya kalo semua harus begitu, ya repot. Ngeliat org kok dr segi materi terus. Kalo gak sesuai sama keinginannya, langsung respect atau appreciationnya thd org itu ''dicabut balik''. Org2 yg kayak gini sih gak bakal bisa jadi temen sejati dlm senang & susah. Maunya senengnya aja, begitu lihat org lain gak seperti harapannya langsung drop.

Saya sih gak terlalu respect sama org2 kayak gitu. Saya cuma bilang sama temen saya yg jadi ''korban verbal itu'' ya udah lah, gak usah dianggap omongan gitu, loe dah tau skrg kualitas dia sbg temen kayak apa.

Sebenernya enak gak sih tinggal di LN? Ya jawabannya sih sederhana, ada enaknya ada gaknya. Sama seperti tinggal di Indonesia, ada enaknya ada gaknya. Hanya saja apa yg enak di Indonesia tidak sama dgn yg enak di LN dan sebaliknya. Every country has its own shit!
Contoh:

Di Indonesia enaknya org masih saling membantu, punya tetangga pinter betulin listrik atau mesin air yg rusak, anda tinggal panggil, paling2 anda kasih uang rokok. Lah disini boro2 begitu, ada duit baru anda bisa panggil tukang service which costs DEFINITELY MORE THAN just a pack of cigarettes.

Di Indonesia anda masih bisa nitipin anak anda ke sanak saudara atau bhk tetangga kalo anda mau kerja atau pergi, di sini anda kudu BAYAR oppas (alias: baby-sitter/ nanny atau sejenisnya) cuma buat jagain anak anda beberapa jam. Atau kalo mau dititipin ke child-care juga bisa, ya bayaaar yg pastinya. Oppas bisa sekitar 5-10 euro PER JAM. Child care saya gak tahu, blm survey.

Di Indonesia taksi banyaak & anda bisa nyetopin taksi di jalanan dan tidak terlalu mahal. Disini taksi gak bisa anda stop dijalanan, harus telpon atau anda jalan ke pangkalan khusus taksi & don't ask how much they cost, yg pasti muahaaal banget.

Di Indonesia, org gak peduli pajak penghasilan. Mau bayar kek, gak kek anda masih bisa lolos. Disini jangan harap!

Enaknya tinggal di luar negeri:

1. Transportasi umum teratur: tram, bus, train selalu dtg tepat wkt. Gak perlu ada kenek krn anda bayar pakai tiket atau kartu semacam ATM khusus utk transportasi umum yg pulsanya harus selalu diatas minimum units.
Kereta beli tiketnya di mesin khusus dan bakal di kontrol di dlm kereta. Disini anda belajar utk jadi org jujur, meski di bus & tram gak ada yg ngontrol, anda tetep kudu bayar/ngegesek kartu.

2. Masuk tol sampai saat ini belum bayar, tapi anda tetep kudu bayar pajak mobil per 3 bulan, yg katanya bakal diubah jadi per kilo meter (kalo sampai terjadi, ini jelas gak enak).

3. Disini semua org harus bayar premi asuransi kesehatan (wajib), kalo anda masuk rmh sakit udah langsung ditanggung asuransi GAK PERLU bayar dimuka dulu kayak di Indonesia. Kalaupun misalnya krn hal tertentu (misalnya anda penduduk gelap) anda gak punya asuransi, kalo anda kecelakaan pasti dirmh sakit anda bakal ditolong dulu/ nyawa anda bakal diselamatkan dulu gak kayak di Indonesia, dibiarin sampe parah kalo gak bayar DP dulu.

4. Sekolah dr TK sampe SMA ditanggung pemerintah krn ini wajib belajar. Selanjutnya dpt pinjaman pendidikan utk melanjutkan ke univ, gak gratis loh.

5. Alhamdulillah di kebanyakan tempat masih bebas banjir, tapi gantinya badai salju.
6. Ada tunjangan utk anak tiap 3 bulan sekali (gak besar tp ya lumayan buat nambah2 beli susu & pampers)
7. Alhamdulillah pasangan/istri dpt tunjangan bulanan(korting dari pajak suami yg bekerja) dari pemerintah, jumlahnya sih kecil tp ya lumayan buat nambahin belanja ke pasar.

8. Gaji kotor alias Bruto sudah termasuk transportasi, dana pensiun, tunjangan bila tidak mampu bekerja lagi krn sakit (mis: cacat, parkinson dll), tunjangan hari tua, plus bayar pajak penghasilan ke pemerintah. Dari situ dipotong macem dan tinggal gaji bersihnya yg kita dpt di rekening tiap bulan. Mis Bruto sekitar 4500 euro, paling dpt nettonya sekitar 2500 euro, kalo bruto 1800 bisa jadi dptnya sekitar 1200, knp beda persentasinya, ya itu krn beda persentasi pajak pendapatan yg harus dibayar, makin besar gaji, makin banyak besar jumlah pajak yg kudu dibayar.

9. Infra structure secara umum bisa dibilang cukup baik.

10. Org miskin & terlantar ditanggung negara.

GAK ENAKNYA:

1. Psikopat banyak dr yg fedoliel, tukang mabok, drug addicts sampe pembunuh juga ada. Dan mereka bisa aja ada dilingkungan biasa anda kunjungi.

2. Kehidupan muslim tidak terlalu enak: adzan gak boleh, gak ada hari libur (tanggal merah) buat hari lebaran Idul Fitri & Idul Adha, not to mention hari2 islam lainnya, kaum pendatang yg khusunya muslim selalu disorot & distereotipkan sbg org yg cuma beban sosial masyarakat krn banyak yg ngganggur, bikin rusuh & males cari kerja & cuma ngandelin tunjangan pemerintah doang padahal GAK SEMUA PENDATANG seperti itu.

3. Org fanatik anti Islam banyak contohnya Geert Wilders & pengikut2nya.

4. Diskriminasi thd org non-pribumi terutama yg berlatar belakang muslim sangat terasa.

5. Diskriminasi thd umur bagi pelamar pekerja masih ada.

6. PAJAK YG HARUS DIBAYAR BERANEKARAGAM (pajak penghasilan, pajak sampah, pajak mobil, pajak daur ulang air agar bisa diminum langsung dr keran, belum lagi pajak2 semua barang yg kita beli termasuk makanan & minuman: ada pajak kemasan pula) dan ini pajak bukan cuma ratusan ribu rupiah loh tapi jutaan rupiah.

7. Toko2 hari minggu tutup kecuali koopzondag (1 kali dlm sebulan buka pada hari minggu)

8.
Makin hari makin banyak peraturan baru yg ujung2nya bikin org financially ''jerit2"

9. Buat yg mau kawin & pindah ke luar negeri siap2 tahan mental thd cuaca & siap2 menjadi org yg TIDAK TERGANTUNG PADA ORG LAIN termasuk suami sendiri. Harus siap belajar mandiri bukan cuma soal urusan rumah tangga tp juga soal berinteraksi di lingkungan sosial: HARUS bisa urus surat2 anda di kelurahan, harus bisa daftar ini & itu, harus bisa mandiri & pergi sendiri dgn kendaraan umum, beli tiket dll tidak tergantung sama suami kecuali kalo suami anda pengangguran & bisa anter2 anda kemana aja hahaha.

10. Harus JELI & PAHAM banget terms & conditions kalo anda mau langganan sesuatu misalnya langganan majalah, listrik, provider pulsa hp dll soalnya disini gila kalo mau unsubscribe susaah bgt & ada tenggang wkt 3 bulan. Udah kayak teken kontrak /bikin perjanjian sama setan. Gak bisa semaunya anda kalo mau berhenti langganan.

Masih banyak lg enak & gak enaknya tinggal disini, ntar kalo inget saya tambahin lagi deh.
 
Mudah2an bisa jadi renungan bhw tinggal di luar negeri tidak tidak seindah yg anda di benak org2 Indonesia di tanah air.
 
 

From: Dendi Bachtiar <babipilek@gmail.com>
To: AyahBunda-Indonesia <AyahBunda-Indonesia@yahoogroups.com>
Sent: Friday, April 20, 2012 3:32 AM
Subject: [ABI] Belajarlah Pada Norwegia

 
Belajar pada Negara Norwegia (?)      
Ditulis Oleh M. Armiyadi Signori  
 
Baru-baru ini badan program pembangunan PBB (UNDP) menobatkan Norwegia sebagai negara terbaik di dunia, dengan tiga indikator penilaian, tingkat pendidikan, pendapatan per kapita dan kesehatan masyarakatnya. Pada rilis tersebut juga mencantumkan Indonesia pada urutan 124 dari 187 negara yang disurvei.
 
 
Bagi Norwegia sendiri ini tidaklah mengejutkan karena sebelumnya sudah sembilan kali berturut – turut ditasbihkan sebagai negara yang paling diinginkan sebagai tempat tinggal di dunia oleh lembaga yang sama. Berikut ini ada beberapa fakta menarik tentang kehidupan di Norwegia yang saya dapatkan selama menempuh pendidikan di negara ini.
 
Bidang pendidikan, Norwegia menggratiskan seluruh biaya pendidikan pada semua jenjangnya, ini juga berlaku bagi warga negara asing yang bersekolah di sini. Misalnya, saya dan lima mahasiswa Aceh lainnya, bantuan beasiswa yang kami dapatkan dari pemerintah Norwegia, hanya kami pergunakan untuk biaya hidup.
 
Untuk mahasiswa juga disediakan kredit pelajar, artinya selama mahasiwa menyelesaikan pendidikan, biaya untuk menutupi kebutuhan sehari-hari seperti penginapan, makanan dan lainnya mereka dapatkan dari pinjaman bank dan akan mulai membayar cicilan ketika telah menyelesaikan pendidikan dan bekerja. Mahasiswa sama sekali tidak tergantung pada dana orang tua.
 
Untuk pendapatan penduduknya, negara ini penganut ekonomi sosialis, dengan ciri khasnya adalah perbedaan pendapatan diantara semua profesi tidak terlalu jauh, profesor sampai petugas kebersihan bisa hidup layak dari gaji mereka, bila profesor menggunakan mobil ke kampus, maka begitu juga dengan petugas kebersihan. Ciri khas lainnya, pajak yang tinggi, sehingga yang terjadi adalah yang beperpendapat tinggi membantu yang lainnya.
 
Bagaimana kalau kita sedang tidak memiliki pekerjaan atau karena alasan tertentu kita  tidak mampu bekerja sebagaimana lazimnya?, tenang, pemerintah akan mensubsidi biaya hidup dan membantu mencari pekerjaan untuk kita.
 
Bila anda penduduk Norwegia dan berumur 67 tahun, saatnya mengambil pensiun dan mempergunakan waktu untuk menikmati hidup, berliburanlah ke banyak negara. Pada usia tersebut semua orang akan mendapat gaji pensiun, terlepas apapun pekerjaan anda, pegawai negeri, pegawai swasta, pebisnis atau anda hanya petani, semua akan mendapat pensiun yang yang layak.
 
Sebagai ilustrasi gaji, kawan saya, yang bekerja sebagai perawat di sebuah rumah sakit, mendapat bayaran 200 kroner (300 ratus ribu rupiah) per jam, kalau satu hari kerja delapan jam, maka pendapatannya 2,4 juta rupiah per hari. Jika bekerja pada hari libur atau hari-hari besar maka pendapatannya akan lebih dari itu.
 
Untuk bidang kesehatan, Norwegia juga menggratiskan biaya perawatan kesehatan. Saya pernah dirawat enam hari di sebuah rumah sakit, saya bisa merasakan kualitas pelayanan rumah sakit mereka. Selain biaya rawat inap, obat-obatan, mereka juga menggratiskan ambulance. Untuk makanan, pasien bisa pergi sendiri ke dapur dan makan semau dan sepuasnya, kecuali pasien yang harus tetap diatas tempat tidur tentunya.
 
Standar ruangan dan pelayanan sama untuk semua masyarakat termasuk raja dan keluarganya, ruangan di rumah sakit tidak menganal perbedaan kelas, tidak ada bangsal ataupun VIP, semua ruangan sama, tergantung kebutuhan pelayanan saja.
 
Menjadi wanita hamil sangat terhormat di negara ini, selain menggratiskan semua biaya pemeriksaan kehamilan dan persalinan, pada saat melahirkan seorang ibu juga akan menerima bantuan dari pemerintah sebesar 35 ribu kroner (55 juta rupiah).


__._,_.___
Recent Activity:
Forum Ayah Bunda Anak Indonesia
Komunitas membahas problematika keluarga, Ayah, Bunda & anak-anak kita di Indonesia.

Silahkan posting foto terbaik keluarga anda ke milis untuk ajang silaturahmi & persahabatan di milis lebih erat.

Membutuhkan bantuan Jasa Recruitment & Headhunter Service ?
Bantuan Training, Konsultasi, Project Perusahaan atau anda sendiri ?
Segera hubungi Konsultan Indonesia untuk kebutuhan anda.
Email : corporate@konsultan-indonesia.com
        http://www.konsultan-indonesia.com
        Mastering Your Resources

Mom's & Bunda ingin menambah income keluarga / berjualan ? Dipersilahkan sepanjang jualannya REAL & bukan MLM atau Internet Money.
.

__,_._,___




Share your views...

0 Respones to "Re: [ABI] Belajarlah Pada Norwegia"

Posting Komentar

 

Categories

About Me

Foto Saya
BadGuyz mdo
- low conscientiousness- low neuroticism - low agreeableness - high openness to experience - high extraversion [ translate sndiri.:D]
Lihat profil lengkapku

Our Partners

© 2010 satu juta info All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info